MUSRENBANG Desa Tegalsumur: Masyarakat Bersatu Membangun Aspirasi untuk Masa Depan

26 September 2024
Administrator
Dibaca 2 Kali
MUSRENBANG Desa Tegalsumur: Masyarakat Bersatu Membangun Aspirasi untuk Masa Depan

Desa Tegalsumur melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) untuk tahun anggaran 2025 pada hari Kamis, 26 September 2024. Acara yang diselenggarakan di Balai Desa Tegalsumur ini dihadiri oleh perangkat desa, perwakilan masyarakat, serta tokoh masyarakat setempat.

Musrenbang kali ini bertujuan untuk menampung aspirasi masyarakat terkait program dan kegiatan pembangunan yang diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan warga desa. Penanggungjawab Kepala Desa Tegalsumur, Bapak Eko Supriyanto,S.H menyampaikan pentingnya partisipasi aktif masyarakat dalam merumuskan rencana pembangunan yang tepat sasaran. Selain itu, Bapak Pamuji selaku Camat Brati menambahkan bahwa penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025 dan penyusunan DURKP Desa Tahun 2025 harus mengalami peningkatan anggaran  dana pembangunan infrastruktur desa.

Acara dimulai dengan pemaparan kondisi pembangunan desa saat ini, dilanjutkan dengan sesi diskusi di mana masyarakat mengemukakan berbagai usulan, mulai dari perbaikan infrastruktur jalan, penyediaan fasilitas kesehatan, hingga peningkatan kualitas pendidikan di desa. Pada penyediaan fasilitas kesehatan lebih menekankan penurunan angka stunting di Kota Grobogan. “ Penurunan angka stunting dapat terselesaikan apabila banyak kerjasama  yang melinbatkan seluruh elemen masyarakat mulai dari remaja hingga orang tua” Ujar Bapak Sukamto selaku Tenaga Ahli Kabupaten Grobogan.  

Di antara usulan yang menarik perhatian adalah permohonan untuk pembangunan jalan sebagai solusi atas masalah transportasi yang sering dihadapi warga dalam aktivitas sehari-hari. Setelah melalui diskusi yang hangat, hasil Musrenbang dirangkum dan disampaikan Bapak Muslih sebagai Sekretaris desa kepada warga yang hadir. Hasil diskusi ini juga diserahkan kepada pemerintah daerah untuk dipertimbangkan dalam pembangunan tahun mendatang.

Kegiatan ini diharapkan dapat memperkuat sinergi antara pemerintah desa dan masyarakat, serta mendorong terciptanya program-program yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan lokal.  Dengan adanya Musrenbang, diharapkan Desa Tegalsumur dapat terus berkembang dan meningkatkan kualitas hidup warganya melalui perencanaan yang matang dan partisipatif.