MEMBANGUN GENERASI TANPA KEKERASAN: KKN 007 IAIN KUDUS SOSIALISASI ANTI-BULLYING DEMI MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK

13 September 2024
Administrator
Dibaca 29 Kali
MEMBANGUN GENERASI TANPA KEKERASAN: KKN 007 IAIN KUDUS SOSIALISASI ANTI-BULLYING DEMI MASA DEPAN YANG LEBIH BAIK

Tepat pada hari selasa, 07 september 2024 telah diadakan sosialisasi bertemakan “Stop Bullying: Teman Baik Tidak Merundung” di SDN 1 Tegalsumur, SDN 2 Tegalsumur, dan SMPN 2 Satu Atap. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada siswa untuk tidak melakukan perundungan antar siswa sekolah  dikarenakan akan membahayakan diri seseorang baik fisik maupun psikis. Kegiatan ini dihadiri oleh siswa kelas 1-3, yang diharapkan anak-anak mereka dapat tumbuh dalam lingkungan yang positif dan saling menghargai satu sama lain dengan hidup rukun. Dalam sosilisasi ini, dapat dijadikan sebagai kesempatan untuk berkampanye anti-bullying dengan ajaran Islam, terutama dari perspektif hadis Nabi Muhammad SAW. Salah satu hadis yang dikutip dalam acara ini adalah:

إِنَّ الْمُؤْمِنَ لَيْسَ بِاللَّعّانِ وَلَا الطَّعَانِ وَلَا الْفَاحِشِ وَلَا الْبَدِيء

“Seorang Mukmin bukanlah orang yang melaknat, mencela, berbuat keji, dan tidak pula mengatakan perkataan kotor.” (HR. Ahmad)

Bullying atau perundungan dalam pandangan ilmu hadis sangat dilarang karena tindakan tersebut melanggar prinsip prinsip dasar ajaran Islam tentang akhlak dan adab. Berdasarkan dari berbagai hadis, rasulullah menekan pentingnya berbuat baik, tidak menyakiti orang lain, dan menjauhkan diri dari perilaku yang tidak baik.

Para siswa juga diajak untuk memahami bahwa dalam Islam, menjaga kehormatan dan hak orang lain adalah kewajiban kita sebagai hamba yang harus dijaga. Bullying, yang bisa berupa intimidasi, ejekan, atau kekerasan fisik, bertentangan dengan prinsip-prinsip islam tersebut. Adanya kegiatan ini diharapkan para siswa dapat lebih memahami pentingnya menciptakan lingkungan sekolah yang harmonis, bebas dari segala bentuk kekerasan, dan mempraktikkan nilai-nilai kasih sayang serta kepedulian terhadap sesama. Sosialisasi ini diakhiri dengan komitmen bersama dari seluruh peserta untuk menjadi bagian dari gerakan anti-bullying dan menciptakan sekolah yang lebih aman dan nyaman bagi semua.